Selasa, 15 Mei 2012

Nyeri Tumit

Nyeri tumit adalah sebuah keluhan yang banyak sekali dialami orang. Penyebabnya sangat beragam. Pengobatan nyeri tumit sebaiknya dilakukan sesuai dengan penyebabnya.

Penyebab nyeri tumit yang paling umum antara lain adalah:

Plantar Fasciitis adalah penyebab nyeri tumit yang paling umum. Plantar Fascciitis terjadi karena iritasi dan peradangan pada Plantar Fascia yaitu jaringan-jaringan yang membentuk lekukan telapak kaki. Gejala umumnya meliputi nyeri tumit setelah berjalan dan berdiri lama. 



Heel Spur biasanya berhubungan dengan Plantar Fasciitis. Masalah ini paling sering terjadi pada pasien yang lama menderita nyeri tumit karena plantar fasciitis. Heel spur adalah pertumbuhan tulang yang tidak normal pada ujung tulang tumit. 70% penderita Plantar fasciitis menderita heel spur. Namun sebagian penderita heel spur tidak mengalami rasa nyeri.

Heel Spur


Tarsal Tunnel Syndrome.. Tarsal tunnel adalah suatu tempat pada kaki di mana di dalamnya terdapat saraf tibia (tulang betis). Tarsal Tunnel Syndrome terjadi bila saraf tibia terjepit di dalam tarsal tunnel. Gejalanya dapat berupa mati rasa di dasar kaki, nyeri, rasa terbakar dan kesemutan pada dasar kaki dan tumit.
Tarsal Tunnel Syndrome

Retak tulang tumit karena tekanan. Retak tulang tumit karena tekanan sebetulnya bukan penyebab umum nyeri tumit, biasanya terjadi pada atlit terutama pelari jarak jauh. 

Nyeri Tumit Belakang. Nyeri ini menyebabkan gejala pada bagian belakang kaki, bukan di bagian bawah. Penyebabnya antara lain Achilles tendonitis (peradangan tendon Achilles) dan bursitis pada tulang tumit. Bursitis adalah peradangan pada bantalan kecil berisi cairan yang disebut bursae. Bursae berfungsi sebagai bantalan di antara tulang dan tendon dan otot di dekat sendi. 
Nyeri tumit belakang


Kapan harus ke dokter?
  • Tidak nyaman berjalan pada kaki yang sakit
  • Nyeri tumit yang terjadi pada malam hari atau ketika beristirahat.
  • Nyeri tumit yang berlangsung lebih dari beberapa hari
  •  Pembengkakan atau perubahan warna pada bagian belakang kaki.
  •  Gejala-gejala infeksi seperti demam, kemerahan dan panas.
  • Gejala tidak biasa lainnya.

Penanganan Nyeri Tumit
Penanganan nyeri tumit bergantung pada penyebabnya. Olah karena itu anda harus memahami penyebab masalah anda sebelum memulai pengobatan. Bila anda tidak yakin dengan kondisi anda atau parah tidaknya masalah anda, anda harus mencari nasihat medis. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar