Rabu, 24 Februari 2016

Nyeri Dada Karena Gangguan Pencernaan Bagian 1


Nyeri dada bisa jadi merupakan gejala dari suatu kondisi, yang paling serius adalah serangan jantung. Karena itu segeralah mengunjungi dokter bila Anda mengalami nyeri dada terutama bila Anda juga mengalami gejala-gejala lain.

Tapi nyeri dada juga dapat terjadi karena beberapa kondisi pencernaan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa lebih dari sepertiga pasien yang menderita nyeri dada sebenarnya mengalami gejala karenagangguan pencernaan.

Kondisi pencernaan yang dapat menyebabkan nyeri dada antara lain:
  • Gastroesophageal reflux disease (GERD) 
  • Hiatal hernia (hernia yang terjadi karena bagian lambung terdorong ke sekat rongga badan)
  • Tukak lambung
  • Penyakit kantung empedu
Gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah  penyakit pencernaan kronis. GERD terjadi ketika asam lambung atau, kadang-kadang, isi perut, mengalir kembali ke dalam pipa makanan (esofagus). Aliran asam lambung dan isi lambung kembali ke esofagus Backwash (refluks) mengiritasi lapisan esofagus dan menyebabkan GERD.

Gangguan asam lambung  adalah kondisi pencernaan yang umum dan banyak orang mengalaminya dari waktu ke waktu. Ketika tanda-tanda dan gejala-gejala tersebut terjadi setidaknya dua kali setiap minggu atau mengganggu kehidupan sehari-hari Anda, atau ketika dokter Anda dapat melihat kerusakan kerongkongan Anda, Anda mungkin didiagnosis dengan GERD.

Bila Anda mengalami GERD dan hiatal hernia, nyeri dada biasanya dimulai di belakang tulang dada (sternum) dan dapat berjalan naik ke tenggorokan. Nyeri biasanya terjadi tak lama setelah makan dan dapat berlangsung selama beberapa menit hingga beberapa jam. Perlu diingat bahwa nyeri karena serangan jantung kadang-kadang dianggap rasa terbakar dari GERD atau hiatal hernia dan penting untuk mencari bantuan medis bila ada keraguan asal usul nyeri dada.

Pada beberapa kasus, nyeri karena  tukak lambung dan serangan kantung empedu terasa hingga bagian belakang dada dan terasa seperti serangan jantung.

Semua jenis nyeri dada harus segera diperiksa untuk memastikan apakah itu serangan jantung atau karena penyebab lain.

Sumber: 

http://www.ahlinyaasamlambung.web.id


Tidak ada komentar:

Posting Komentar