Senin, 07 November 2016

Latihan untuk Mencegah Nyeri Pada Tangan

Tangan Anda melakukan tugas kecil dan besar yang tak terhitung banyaknya tiap hari. Tangan yang nyeri dapat mengubah sebuah tugas sederhana menjadi siksaan yang menyakitkan. Tangan dapat sakit karena berbagai alasan, dari yang mekanis hingga neurologis. Radang sendi (Arthritis) yang diderita satu dari lima orang dewasa di Amerika Serikat dan masalah sendi lain sejauh ini adalah penyebab utama nyeri dan disabilitas tangan.

Ada banyak cara termasuk pengobatan dan operasi untuk memperbaiki keadaan tangan. Salah satu cara yang penting adalah dengan latihan therapeutik. Beberapa latihan berikut ini membantu meningkatkan gerakan tangan, sambil meluruskan otot-otot di sekitar sendi.
Bila Anda menderita cedera serius pada tangan, pergelangan atau lengan, konsultasikan dengan dokter sebelum Anda melakukan latihan ini. Bila Anda merasakan mati rasa atau nyeri selama atau sesudah latihan, hentikan latihan dan konsulatasi dengan terapis.

Latihan peregangan (stretching)
Peregangan membantu memperpanjang otot dan tendon. Beberapa tugas yang berulang seperti mengetik di komputer atau menggunakan alat berkebun dapat memperpendek otot-otot dan menyebabkan otot tegang dan nyeri. Lakukan peregangan dengan lembut sampai Anda merasakan peregangannya tapi tanpa merasa nyeri. Tahan pada posisi ini selama 15-30 detik untuk mendapatkan manfaat maksimal.  Latihan ini khususnya membantu untuk tendinitis dan otot lengan atas tegang, yang biasa terjadi pada orang yang banyak bekerja dengan komputer.
Untuk tiap latihan, lakukan 4 kali pengulangan, dua kali sehari. Tahan  peregangan selama 15-30 detik dan istirahat selama 30 detik di antara tiap pengulangan.

Latihan peregangan Pergelangan tangan ekstensor

  1. Satu tangan setinggi dada dengan siku dibengkokkan.
  2. Dengan tangan satunya, pegang bagian tangan di luar ibu jari dan bengkokkan pergelangan tangan ke bawah
  3. Untuk meningkatkan peregangan, bengkokkan pergelangan ke arah jari kelingking.
  4. Ulangi latihan yang sama dengan lengan lurus
  5. Ulangi peregangan pada tangan yang lai

Latihan peregangan pergelangan flexor
  1. Satu tangan setinggi dada dengan siku dibengkokkan.
  2. Pegang jari-jari tangan dengan tangan satunya
  3. Dengan lembut tarik tangan ke belakang.
  4. Ulangi latihan yang sama dengan lengan lurus
  5. Ulangi peregangan pada tangan yang lain.



Latihan Resisted isometrics

Latihan ini melatih otot melawan pertahanan. Tahan tangan pada tiap posisi selama 10 detik. Lengkapi serangkaian latihan dengan 10 kali pengulangan sekali atau dua kali dalam sehari.

Latihan Isometric wrist extension

  1. Letakkan satu telapak tangan Anda menelungkup di meja atau permukaan lain. Letakkan tangan Anda yang lain d atasnya.
  2. Cobalah mengangkat tangan yang ada di bawah, tapi jangan sampai bergerak.
  3. Ganti tangan Anda dan ulangi



Latihan Isometric wrist flexion
Ikuti langkah yang sama dengan di atas tapi dengan telapak tangan menghadap ke atas.


1 komentar:

  1. Thanks for the information. Franson Chiropractic clinic offers chiropractor services for pain and injuries such as knee issues, hip problems, neck pain, slipped discs, headaches, immune systems, etc. Dr. Franson, who is the top-rated chiropractor in Houston with 30 years of experience, provides his services here. For The best Chiropractor center, visit - Franson Chiropractic

    BalasHapus