Sabtu, 31 Januari 2015

Penyebab Sindrom Lorong Karpal


Sindrom Lorong Karpal (Carpal Tunnel Syndrome) terjadi karena tekanan pada saraf Median yang ada di dalam lorong Carpal. Tekanan ini dapat disebabkan oleh kondisi kesehatan atau aktivitas  pada tangan, jari dan pergelangan tangan. Tekanan menyebabkan lorong Carpal menyempit dan jumlah jaringan di dalamnya meningkat atau saraf Median bertambah peka. Inilah yang menyebabkan Sindrom Lorong Karpal.

Sebab Sindrom Lorong Karpal
  • Obesitas, rematik, gout, diabetes, lupus dan hipotiroid dapat menyebabkan atau mendorong terjadinya nyeri atau bengkak pada sendi atau jaringan lunak di lengan, atau menyebabkan berkurangnya aliran darah ke tangan.
  • Gerakan tangan dan pergelangan tangan berulang dapat menyebabkan tendon menyebabkan pembengkakan pada tendon (tenosinovitis)  
  • Patah tulang pergelangan, tulang bergeser, pertumbuhan tulang baru pada proses penyebuhan, tulang lebih dari ukuran normal (bone spurs) dapat menyebabkan menyempitnya ruangan dalam Lorong Karpal atau memberi tekanan tambahan pada saraf Median.
Sindrom Lorong Karpal banyak berhubungan dengan aktivitas kerja yang membutuhkan:
  • Gerakan tangan yang kuat atau berulang-ulang 
  • Getaran pada tangan dan lengan
  • Bekerja pada posisi yang sama atau dengan posisi yang salah dalam jangka waktu lama
Sindrom lorong karpal lebih banyak terjadi pada orang yang bekerja dengan keadaan seperti di atas dibarengi adanya masalah kesehatan lain. Pada sebagian kasus, penyebab penyakit ini tidak diketahui.

Sumber: http://www.webmd.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar